Bandingkan daftar

Berapa Usia Ideal Beli Rumah di Zaman Sekarang?

Berapa Usia Ideal Beli Rumah di Zaman Sekarang?

Ketika seseorang sudah menyelesaikan pendidikannya dan mulai bekerja, biasanya sudah mulai memikirkan hal-hal serius untuk masa depan kehidupannya. Sebelum memikirkan rencana untuk menikah, salah satu target utama adalah mempunyai rumah pribadi di usia muda.

Menurut pengamat properti terkemuka di indonesia, salah satu jalan bagi kaum milenial untuk memiliki rumah adalah melalui fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Hal ini memang menjadi solusi terbaik bagi sebagian orang yang ingin mempunyai rumah namun masih terkendala untuk membayar tunai. Dengan sistem membayar angsuran perbulan, mereka dapat menyisihkan gaji atau pendapatan perbulan untuk memiliki rumah idaman.

Pada era sekarang pemerintah, bank dan lembaga terkait juga saling bersinergi untuk menyediakan dan memudahkan masyarakat untuk membeli rumah dengan sistem KPR. Untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat maka hunian murah pun terus dibangun, persyaratan KPR pun semakin dipermudah, sehingga KPR menjadi pilihan banyak orang.

Usia ideal untuk membeli Rumah KPR

Pada umumnya bank di indonesia memberlakukan batasan usia untuk mengajukan permohonan KPR yaitu minimum umur 21 tahun atau sudah menikah. Usia produktif adalah dianggap paling ideal untuk mulai memiliki rumah, karena properti merupakan sebagai tabungan jangka panjang yang mempunyai nilai jual investasi yang lebih tinggi.

Usia produktif adalah usia dimana seseorang masih sanggup dan energik dalam bekerja. Biasanya usia produktif berada pada saat sesorang di rentang umur 20 sampai 30 tahun. Lain halnya jika Anda sudah berusia 40 tahun keatas dan belum memiliki rumah. Dengan Kebutuhan hidup yang semakin meningkat mulai dari biaya sekolah anak hingga biaya tak terduga lainnya yang seringkali menjadi penyebab sulitnya seseorang untuk menyisihkan atau mengumpulkan uang.

punya rumah di usia muda

Usia pengaju kredit atau kreditur KPR sendiri berpengaruh pada panjangnya tenor cicilan yang bisa diambil. Panjangnya waktu tenor ini beragam dan umumnya maksimal 25 tahun, tergantung bank. Pada umumnya, bank di indonesia membatasi tenor pelunasan KPR hingga kreditur berumur 65 tahun. Jadi, bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan sistem KPR, pastikan untuk menghitung usia Anda saat ini. Jika Anda sudah berusia 40 tahun ke atas, maka biasanya bank akan sulit memenuhi pengajuan KPR tersebut.

Sehingga bagi Anda yang masih muda berusia 20-an, inilah usia produktif yang ideal dan tepat untuk mengambil KPR. Sebab, bank akan lebih percaya dan meloloskan pengajuan kredit Anda, asalkan Anda memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya.

Tips Membeli Rumah KPR di Usia Ideal

Ketika seseorang baru saja merintis karirnya didunia kerja, biasanya penghasilannya belum memadai untuk melakukan cicilan rumah mewah yang menjadi idaman. Oleh karena itu, pilihlah rumah sederhana yang memiliki lokasi dekat dengan pusat beraktivitas namun menawarkan harga yang mumpuni.

Cicilan angsuran per bulan yang ideal bagi kaum muda adalah 30% dari gaji atau jangan melampaui batas dari sepertiga gaji Anda. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi pengeluaran tidak terduga dan kebutuhan mendesak lainnya dikemudian hari.

Sebelum membeli rumah, sebaiknya Anda mengetahui dengan detail rumah yang akan Anda beli mulai dari harga, jenis, tipe rumah, dan nilai investasi kedepan. Selain Anda dituntut membeli rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, Anda juga diharuskan membaca harga properti yang Anda akan beli untuk beberapa tahun kedepan. Karena membeli rumah sama dengan berinvestasi, untuk itu investasi yang Anda lakukan haruslah menguntungkan.

Bagimana tertarik membeli rumah di usia ideal? Rencanakan mulai sekarang juga!!

Pos terkait

Pemberitahuan Untuk Para Agen SiPeti.co.id

Halo para Agen SiPeti.co.id Kami ingin memberitahukan bahwa Iklan Properti yang Anda ajukan di...

lanjutkan membaca

Tips Beli Properti Terbaik Secara Online di SiPeti.co.id

Semakin berkembangnya teknologi digital saat ini, memungkinkan bagi Anda untuk mencari informasi...

lanjutkan membaca

Tips Jual Cepat Properti Secara Online di SiPeti.co.id

Harapan dari seorang Agen properti adalah bisa menjual dengan cepat properti yang ditawarkan....

lanjutkan membaca

Bergabunglah dengan Diskusi