Tips Memadukan Warna Karpet Lantai yang Sesuai dengan Ruangan

Posted on
10 / 100

Sebelum Anda memilih karpet lantai untuk desain interior ruangan Anda, ada baiknya mempertimbangkan beberapa tips pemilihan warna karpet yang serasi dengan ruangan Anda.

Tips Memadukan Warna Karpet Lantai yang Sesuai dengan Ruangan

Karpet lantai meskipun terlihat sepele, namun memiliki dampak yang sangat besar dalam sebuah ruangan. Warna karpet, terutama, bisa menentukan fungsi dan suasana, bagaimana nantinya ruangan tersebut setelah karpet dipasang. Memasang warna karpet tertentu di ruang tamu akan menambah nilai estetis dan mampu menghidupkan ruangan sesuai yang dikehendaki.

Jadi, jangan sampai Anda membuang uang dan waktu dengan salah menampilkan warna karpet, atau bahkan mengganggu sinergi ruangan rumah. Oleh karenanya, Anda perlu memahami bahwa warna memiliki dampak psikologis tertentu, yang sangat kuat pengaruhnya pada ruangan Anda.

Berikut tips Warna Karpet :

● Untuk desain rumah minimalis, pilih karpet lantai yang memiliki warna-warna menarik, namun tidak banyak motif, dengan desain minimalis.
● Untuk memberi kesan ruangan yang sudah banyak perabot dan ruangan terasa penuh, pilih karpet dengan satu warna saja. Sebaliknya jika ruangan terlihat polos dan terasa lapang, Anda bisa memilih karpet dengan beberapa paduan warna.
● Saat memilih warna, pilih karpet yang bisa mendukung suasana ruang tamu yang ingin Anda hadirkan. Sedangkan untuk motif, serasikan dengan desain sofa. Jika sofa Anda bermotif, gunakan karpet polos dan sebaliknya.
● Pertimbangkan elemen kunci dalam ruangan dengan melihat tiga warna utamanya, dengan menggunakan karpet berpola. Namun bila karpet hanya untuk melengkapi ruangan yang sudah ramai, pilih satu warna tunggal.
● Pilihlah warna karpet berdasarkan fungsi ruangan. Pertimbangkan bagaimana penggunaan ruangan, sebelum membeli karpet agar tak salah menampilkan warna karpet. Untuk ruang tidur misalnya, karpet warna lembut bisa memberi kenyamanan.
● Pemilihan warna yang tepat, selanjutnya dapat mencerahkan suasana ruangan Anda. Anda bisa memperkaya suasana ruangan, dengan warna emas, hijau, nila, ungu, dan cokelat. Warna putih dan hitam bisa dijadikan pilihan juga.
● Terakhir, bila Anda ingin menampilkan kesan teduh di ruangan, gunakan warna-warna netral dengan tekstur bulu-bulu karpet yang halus.

Dampak Psikologis Pemilihan Warna pada Karpet Lantai

Memilih kombinasi warna dan motif karpet memang akan sangat menentukan, tampilan interior menawan dan suasana kenyamanan ruangan Anda. Warna secara keseluruhan, akan memberikan pengaruh psikologis tertentu, ini karena warna memiliki potensi yang kuat terhadap pikiran, antara lain:

● Warna gelap, akan memberikan kesan berat serta lebih elegan pada ruangan.
● Warna-warna terang yang lebih netral, memberikan kesan ringan dan lebih mudah membaur dengan ruangan.
● Warna pop mencolok seperti pink atau kuning akan memberikan suasana ruangan yang netral, lebih ceria, dan hidup.
● Warna biru di ruangan rumah, bisa membawa dampak ketenangan dan kedamaian hati.
● Warna abu-abu, bisa memberikan energi estetika di ruang mana pun.
● Warna hijau, bernuansa alam, bisa memberikan suasana relaksasi, kesejukan, dan harmoni. Dampaknya bisa meringankan pikiran.
● Warna merah melambangkan hasrat, energi, dan erotisme.
● Warna hitam sangat sesuai memberikan kesan misteri, mendalam, dan perspektif.
● Putih, warna ini akan memberikan kesan ringan, kepolosan, kemurnian, serta bersih.

Semoga tips-nya bermanfaat, menjadi rumah anda nyaman dan indah di pandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *