Smart Home bagi kita amankah ?

Posted on
69 / 100

Sudah sejauh mana teknologi diadofsi untuk sebuah hunian?, Perkembangan teknologi yang sangat pesat, mendorong bertambahnya fungsi rumah atau hunian menjadi rumah pintar atau smart home. Saat ini, fungsi rumah tidak sebatas memberikan kenyamanan dan keamanan melainkan juga memudahkan hidup penghuninya. Kemajuan teknologi berdampak pada semakin banyak dan berkembangnya produk atau barang-barang perabotan rumah yang dibekali dengan teknologi mutakhir. Untuk itu, penting bagi Anda menyiapkan rumah masa depan, atau rumah yang dibangun dengan mengadopsi perkembangan teknologi.

Smart Home bagi kita amankah ?

Tips Smart Home

Rumah dengan teknologi mutakhir juga dapat meningkatkan nilai jual pada masa mendatang. Berikut 5 tips menciptakan rumah masa depan:

  1. Otomatisasi rumah Anda Dengan perubahan teknologi canggih, peralatan dan perabotan pintar dapat Anda gunakan di rumah. Karena peralatan pintar tersebut, Anda bisa mengontrol setiap sudut ruang hanya dengan menggunakan ujung jari, baik melalui ponsel cerdas atau tablet. Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk memprogram perabotan. Mulai dari mengontrol mesin cuci, lampu, AC, dan fitur keamanan. Hal yang harus Anda ketahui, membeli peralatan pintar, tidak semahal yang Anda pikirkan. Selain harganya terjangkau, peralatan pintar yang bisa ditemukan di mana-mana dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk menghemat konsumsi listrik.
  2. Jadikan rumah Anda hemat energi Rumah masa depan adalah hemat energi. Meningkatkan efisiensi energi rumah, tidak hanya baik untuk lingkungan, tetapi juga akan menurunkan tagihan listrik bulanan. Untuk melakukannya sangat sederhana, beralihlah ke peralatan rumah tangga dengan peringkat energy star tinggi atau beralih dari CFL ke bola lampu LED. Selain itu, mengisolasi rumah Anda juga menambah efisiensi energinya, seperti jendela panel ganda, isolasi semprotan busa, dan menerapkan desain pendingin pasif. Jika ingin lebih serius melakukan penghematan, Anda dapat memasang panel surya di atap rumah.
  3. Ambil pendekatan ramah lingkungan Mengurangi jejak karbon harus menjadi tujuan untuk semua rumah pada masa depan. Selain lebih hemat energi, ada beberapa perbaikan rumah lainnya yang patut dipertimbangkan. Salah satunya adalah mengurangi konsumsi air dengan memasang sistem aliran rendah di kamar mandi. Jika Anda memiliki taman, Anda bisa menggunakan tanaman yang membutuhkan sedikit air, seperti rumput rusa atau jenis tanaman lainnya. Saat mendekorasi ulang rumah, usahakan untuk menggunakan sebanyak mungkin bahan daur ulang, serta bahan ramah lingkungan dan tidak beracun, seperti kayu lapis bebas formaldehida, dan cat VOC rendah.
  4. Pikirkan tentang manajemen kabel Rumah masa depan biasanya sangat bergantung pada peralatan listrik. Ini artinya manajemen kabel akan menjadi bagian penting dari desain interior. Sementara, menghubungkan semua peralatan teknologi Anda ke kabel ekstensi tidak hanya tidak sedap dipandang tetapi juga berbahaya. Saat merencanakan penempatan dan tata letak sistem bioskop rumah atau fasilitas dapur, coba keluarkan kabel dengan menyelipkannya di balik karpet, atau di belakang meja. Dengan meningkatnya jumlah peralatan listrik di rumah, Anda mungkin juga harus memikirkan untuk memasang kabel, dan saluran kabel cadangan di dinding, atau kabel otomatis.
  5. Persiapkan waktu henti internet Mengalami gangguan internet memang sangat mengganggu aktivitas Anda terutama di media sosial dan saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini juga akan menganggu akses Anda misalnya ketika menggunakan lampu pintar yang umumnya mengandalkan jaringan WiFi. Anda perlu mengatur penggunaan internet. Hal itu penting agar jaringan internet tetap siaga tanpa harus mengalami habis paket atau gangguan yang lainnya. Penting memikirkan posisi atau letak jaringan WiFi. Misalnya jika Anda banyak beraktivitas di ruang kamar, maka letakkanlah router atau alat WiFi tersebut di dalamnya. Sebaliknya, jika senang menonton film maka Anda juga dapat meletakkan router tersebut di ruang tamu dekat TV.

Nah, bagi anda yang berminat untuk mengadofsi teknologi untuk hunian anda silahkan dipikir-pikir lebih matang lagi, kita jangan terlalu yakin juga dengan keamanan sebuah teknologi, error akan selalu ada jadi kita kalau mau mengadofsinya harus memiliki opsi lain kalau terjadi masalah pada rumah pintar atau smart home anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *