Niat Puasa Qadha Ramadhan Wajib Hukumnya

Posted on
63 / 100

Bagi Anda yang memiliki utang puasa pada bulan Ramadan maka wajib hukumnya untuk menqodhonya di luar bulan puasa Ramadan.

Niat Puasa Qadha Ramadhan Wajib Hukumnya

Puasa ini berlaku untuk umat Muslim yang tidak berpuasa Ramadhan akibat uzur syar’i ataupun keliru dan sengaja membatalkannya. Kewajiban untuk mengqadha puasa Ramadhan yang terlewat tercatat dalam dalil berikut:

“Dan siapa yang sakit atau dalam perjalanan, boleh tidak berpuasa namun harus mengganti di hari yang lain.” (QS. Al-Baqarah: 185)

Aisyah ra juga berkata: “Di zaman Rasulullah dahulu kami mendapat haid lalu kami diperintahkan untuk mengqadha puasa dan tidak diperintah untuk mengqadha salat.” (HR. Muslim)

Waktu Qadha Puasa Ramadhan

Mengutip buku Panduan Terlengkap Ibadah Muslim Sehari-hari oleh KH. Muhammad Habibillah (2018), waktu mengqadha dapat dilakukan usai Ramadhan hingga akhir bulan Syaban.

Apabila seseorang tidak mengganti puasa hingga masuknya bulan Ramadhan berikutnya, padahal sebelumnya ada kemampuan dan kesempatan untuk mengganti puasa, maka ia dianggap orang yang berdosa.

Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal

Mengutip situs NU Online, umat Muslim yang mengqadha puasa Ramadhan wajib membaca niat puasa qadha di malam hari. Sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqna:

“Disyaratkan memasang niat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Syarat ini berdasar pada hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.’ Karenanya, tidak ada jalan lain kecuali berniat puasa setiap hari berdasar pada redaksi zahir hadits,” (Lihat Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqna’, [Darul Fikr, Beirut: 2007 M/1428 H], juz II).

Adapun niat puasa qadha Ramadhan adalah sebagai berikut:

Niat

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta‘âlâ.

Arti

“Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *