Cara Usir Nyamuk Alami

Posted on
56 / 100

Cara Usir Nyamuk – Anda tentu sangat jengkel dengan kehadiran nyamuk di dalam rumah, apalagi kalau anda memiliki anak-anak dan bayi. Nyamuk selain bikin tidur tidak nyenyak juga bawa penyakit.Musim kemarau dengan cuaca yang panas seringkali ditambah dengan kehadiran nyamuk di rumah atau pekarangan.

Cara Usir Nyamuk Alami

Selain suara dengungannya yang mengganggu, gigitan nyamuk pada kulit juga meresahkan. Apalagi, nyamuk bisa menyebarkan sejumlah penyakit, termasuk demam berdarah.

Oleh sebab itu, kehadiran nyamuk di rumah dan pekarangan perlu dibasmi. Namun, alih-alih menyemprot seluruh rumah dan halaman dengan pestisida beracun, ada beberapa solusi alami untuk membasmi nyamuk.

Apa saja cara alami membasmi nyamuk di rumah dan pekarangan? berikut beberapa di antaranya:

  1. Tanam tanaman aromatik Beberapa tanaman memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk, seperti lemon balm, basil, mint, rosemary, catnip, marigold, dan lavender. Tanam ini secara bebas di pekarangan rumah, terutama di dekat teras atau gazebo. Pastikan untuk menyikat atau menggosok daunnya secara rutin. Cara ini akan melepaskan minyak ke udara dan ke kulit Anda.
  2. Singkirkan air Nyamuk bertelur di genangan air. Jika Anda memiliki masalah nyamuk yang umum, lihat di sekitar pekarangan atau teras rumah, apakah ada tempat berkembang biak seperti tempat mandi burung, talang tersumbat, dan bahkan genangan air hujan yang membutuhkan beberapa hari untuk menguap.Buang atau tiriskan genangan air secara teratur untuk mencegah nyamuk berkembang biak.
  3. Jaga kebersihan Tanaman yang tumbuh terlalu lebat dan puing-puing di sekitar pekarangan rumah menjadi habitat yang sempurna bagi nyamuk dewasa. Jagalah kebersihan pekarangan dan rumah Anda agar nyamuk tidak bersarang.
  4. Lilin serai Lilin serai sangat mudah dibuat, yakni menggunakan lilin tua, minyak serai wangi, dan kaleng. Proyek daur ulang yang cerdas ini memungkinkan Anda menambahkan beberapa aroma lagi jika Anda tidak terlalu suka aroma serai yang kuat.
  5. Gunakan kipas angin Pada malam yang hangat, bawalah kipas angin ke luar ruangan dan hadapkan ke arah teras atau pekarangan. Anda bahkan mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli kipas luar tahan air yang dibuat khusus untuk luar ruangan.

Jika Anda memiliki teras tertutup, Anda dapat memilih untuk memasang kipas angin di langit-langit ruangan. Angin sepoi-sepoi akan melakukan tugas ganda dengan mendinginkan ruangan sambil mengusir nyamuk yang terbang.

  1. Menarik predator alami Biarkan laba-laba menenun jaringnya di sekitar pekarangan rumah Anda, dan mereka mungkin saja menangkap serangga seperti nyamuk. Hewan-hewan lain yang memangsa nyamuk termasuk burung, kelelawar, katak, kura-kura, ikan, dan capung.

Nah, semoga tips diatas dapat membantu anda mengatasi nyamuk-nyamuk nakal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *