Cara Mengusir Dan Tanda Tikus Di Rumah

Posted on
58 / 100

Kita inginnya punya rumah yang aman,tenang, bersih dari segala gangguan, baik gangguan orang yang berniat jahat atau binatang yang bisa merusak rumah. Bagaimana Cara Mengusir Dan Tanda Tikus Di Rumah?

Cara Mengusir Dan Tanda Tikus Di Rumah

Tikus menjadi hama yang paling menggangu ketika keberadaannya di dalam rumah. Sebab, tak hanya menjadi hama pengganggu, mereka sering kali merusak serta memakan berbagai bahan makanan yang ada di dalam rumah.

Namun, terkadang pemilik rumah tidak mengetahui adanya tanda-tanda tikus di dalam rumahnya dan akhirnya menjadikan tikus tersebut semakin banyak.

Tanda-tanda tertentu juga dapat menunjukkan ukuran suatu populasi tikus. Jika tikus terlihat pada malam hari tetapi tidak pernah pada siang hari, populasinya mungkin tidak terlalu besar dan dapat dikendalikan dengan jebakan dan umpan.

Jika Anda melihat tikus di siang hari, banyak kotoran segar, atau bekas gigitan baru, kemungkinan populasinya menjadi cukup besar dan mungkin memerlukan layanan profesional.

Berikut tanda-tanda yang menunjukkan jika ada tikus di dalam rumah Anda.

  1. Kotoran Jika ada tikus berada di dalam rumah, ada kotoran segar berwarna gelap dan lembap. Seiring bertambahnya usia, kotoran mengering dan menjadi tua serta abu-abu dan akan mudah hancur jika disentuh. Kotoran paling mungkin ditemukan di dekat paket makanan, di laci atau lemari, di bawah wastafel, di area tersembunyi, dan di sepanjang jalur tikus itu.

Anda akan menemukan jumlah kotoran tertinggi di tempat tikus bersarang atau mencari makan, jadi periksalah area di sekitar kotoran yang baru ditemukan untuk menentukan apakah masih ada infestasi aktif atau baru.

  1. Bekas gigitan Berbeda dengan kotoran, bekas gigitan yang lebih baru akan berwarna lebih terang dan menjadi lebih gelap seiring bertambahnya usia. Ini akan sering ditemukan pada kemasan makanan atau struktur rumah itu sendiri.

Salah satu cara untuk menentukan usia adalah dengan membandingkan bekas gigitan yang baru saja Anda perhatikan dengan tanda pada bahan serupa yang Anda ketahui lebih tua.
Jika tanda yang baru ditemukan warnanya lebih terang, itu bisa menjadi indikasi infestasi berkelanjutan. Tanda tersebut juga dapat menunjukkan jika bekas gigitan lebih besar, dihasilkan oleh tikus yang lebih besar juga.

  1. Bau Kucing dan anjing dapat menjadi aktif dan bersemangat di area yang terdapat hewan pengerat ini. Ini adalah akibat dari bau tikus dan kemungkinan besar terjadi saat hewan pengerat baru saja memasuki suatu bangunan.

Jika Anda melihat hewan peliharaan Anda mengais di area yang sebelumnya tidak diminati, ambil senter dan periksa apakah ada tikus atau tikus di area tersebut.

Jika infestasi besar, Anda juga dapat mendeteksi bau apak yang terus berlanjut yang berasal dari area tersembunyi, yang menunjukkan infestasi aktif.

  1. Jalur Jika hewan pengerat saat ini aktif di atau di sekitar rumah Anda, jalurnya cenderung berbeda, dan semakin redup seiring berjalannya waktu. Anda mungkin melihat noda noda, jejak kaki, noda urin, atau kotoran.

Jika Anda mencurigai suatu daerah sering dikunjungi hewan pengerat, coba taruh selapis tipis tepung atau bedak bayi di sana. Jika hewan pengerat aktif, kemungkinan besar Anda akan melihat jejaknya di bubuk.

  1. Sarang Hewan pengerat akan menggunakan bahan seperti kertas robek, kain, atau bahan tanaman kering untuk membuat sarangnya. Jika area ini ditemukan dan memiliki salah satu tanda kehadiran lainnya (kotoran segar, menggerogoti, bau, atau jejak), kemungkinan masih ada infestasi di rumah Anda.

Basmi Tikus Di Dapur

Bagaimana kalau tikus itu menyerang dapur anda, kita bayangkan dapur merupakan tempat kita mengolah makanan yang akan dihidangkan untuk semua anggota keluarga anda, tentu jijik ya.

Ini termasuk apabila ada tikus di dapur Anda. Nah, bagaimana cara membasmi tikus yang ada di dapur? berikut beberapa langkah mudahnya.

  1. Minyak peppermint Tikus membenci bau minyak peppermint. Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke bola kapas dan seka di pinggir papan di dapur dan dapur Anda.

Tambahkan sedikit lebih banyak minyak peppermint ke bola kapas dan tinggalkan di sudut lemari atau rak tempat menyimpan makanan.

  1. Kamper Kebanyakan orang lebih menyukai aroma peppermint daripada kapur barus, jadi Anda sebaiknya jauhkan dari dapur dan ruang keluarga lainnya.

Tapi kaus kaki tua berisi kapur barus ditempatkan di dekat ventilasi dapur atau gudang bisa mencegah tikus masuk. Gantung kaus kaki cukup tinggi agar tidak terjangkau anak-anak.

  1. Pasir kucing Bau kotoran kucing bisa memberitahu tikus bahwa ada kucing di area tersebut. Namun, Anda tidak perlu memiliki kucing untuk bisa membasmi tikus dengan cara ini.
    Isi kaus kaki tua dengan pasir kucing dan tempatkan di area yang biasa atau kemungkinan dilalui tikus.
  2. Kentang tumbuk instan Letakkan wadah kecil yang diisi kentang tumbuk instan atau mashed potato di mana Anda melihat bukti adanya tikus.

Setelah tikus memakannya, serpihan kentang akan mengembang di perutnya dan menimbulkan kerusakan sebelum dicerna sepenuhnya. Jika memang ada tikus di dapur, mungkin ini saatnya untuk menata ulang dapur.

Anda sebaiknya memasukkan makanan apa pun ke dalam plastik atau wadah penyimpanan kedap udara.

Nah, sekarang mudah-mudahan para-tikus tidak mampir lagi ke rumah anda. Selalu jaga kebersihan rumah anda dan kesehatan seluruh keluarga anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *