Cara Menghapus Coretan Krayon

Posted on
56 / 100

Cara menghapus coretan krayon hasil karya buah hati di dinding rumah bukan perkara mudah. Kita tahu anak-anak jiwa kreatifnya memang lagi bertumbuh kembang tampa tahu kebersihan dan kerapihan. Maklumlah masih anak-anak, Namun bukan perkara mustahil juga sehingga Anda tak perlu mengecat kembali tembok rumah dengan lapisan cat baru.

Cara Menghapus Coretan Krayon

Anak-anak memang gemar mencorat-coret segala permukaan benda. Jika tak ada kertas, maka mereka akan mencari bidang datar lainnya seperti dinding rumah. Alhasil, dinding rumah akan penuh dengan hasil “karya seni” anak.

Untuk membersihkan coretan krayon ini, Anda perlu mengecek dulu apakah dinding tembok yang ada adalah dinding rata atau dinding bertekstur. Berikut adalah empat cara efektif membersihkan dinding dari coretan krayon:

  1. Gunakan hair dryer dan sabun cuci piring Dilansir dari laman The Spruce, cara ini bisa digunakan di tembok yang rata dan tembok yang permukaannya bertekstur.

Caranya, nyalakan hair dryer, dan arahkan ke coretan-coretan yang ada di permukaan dinding. Karena krayon terbuat dari lilin, maka ketika dipanaskan dengan hair dryer krayon akan meleleh.

Setelahnya, celupkan lap ke dalam larutan sabun cuci piring, dan gunakan untuk menggosok coretan krayon yang ada hingga bersih.

Cara ini juga bisa digunakan di permukaan tembok yang memiliki ceruk-ceruk karena tekstur dinging. Anda hanya harus teliti dalam menggosoknya menggunakan lap.

  1. Gunakan WD 40 Jika Anda penggemar otomotif, pasti Anda tak asing dengan produk ini. WD 40 adalah cairan multiguna yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat, kerak dan kotoran yang ada di bagian mesin.

Nah, WD 40 ini juga bisa digunakan untuk membersihkan coretan krayon. Caranya mudah, semprotkan saja cairan WD 40 ke sebuah kapas atau kain lembut.

Kemudian gosokkan ke coretan krayon yang ada di dinding. Kebanyakan noda krayon akan langsung hilang dalam beberapa kali gosok.

Namun noda yang sudah sangat lama dan sangat tebal, membutuhkan waktu lebih lama dalam menggosoknya. Setelah coretan bersih sempurna, jangan lupa untuk membersihkan lapisan tembok dari residu minyak akibat WD 40.

  1. Gunakan mayonnaise Jika Anda tak memiliki WD 40, Anda bisa menggunakan mayonnaise untuk menghilangkan noda krayon.

Caranya, oleskan mayonnaise di noda krayon dan biarkan selama beberapa saat agar terjadi reaksi kimia antara lilin krayon dan bahan mayonnaise.

Setelah dirasa cukup, gosok tembok dengan kain yang sudah dibasahi terlebih dahulu.

  1. Gunakan pasta gigi Bahan dapur lainnya yang juga bisa digunakan adalah pasta gigi. Caranya, ambil sikat gigi yang lembut, dan beri pasta gigi. Ingat, gunakan pasta gigi yang tidak berbentuk gel.

Kemudian sikatkan pasta gigi ke permukaan tembok hingga noda krayon hilang. Setelah noda hilang, basuh tembok dengan menggunakan lap basah.

Begitulah Cara menghapus coretan krayon hasil karya buah hati di dinding rumah yang simple, Namun sebaiknya Anda tak menggunakan mayonnaise dan pasta gigi di permukaan tembok yang bertekstur, karena akan kurang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *