Bandingkan daftar

Mau Beli Rumah di Usia Muda? Ikuti Cara ini

Mau Beli Rumah di Usia Muda? Ikuti Cara ini

Membeli rumah di usia muda adalah salah satu target masa depan yang harus sudah Anda rencanakan mulai dari sekarang. Namun sayangnya sebagian dari kita hanya menghambur-hamburkan penghasilannya untuk hal yang tidak penting. Padahal rumah merupakan selain sebagai kebutuhan primer juga sebagai tolak ukur bukti kesuksesan seseorang.

Seperti kita ketahui rumah merupakan salah satu investasi terbaik yang mempunyai nilai jual tinggi dan jumlah permintaannya selalu meningkat. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa harga rumah begitu mahal dan selalu mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya.

Pada jurnal sebelumnya kita telah mengetahui usia ideal untuk membeli rumah yaitu di rentang umur 20 sampai 30an. Tentu saja hal ini berlaku bagi mereka yang telah memiliki penghasilan melalui bekerja atau berwirausaha. Lalu pertanyaannya bagaimana cara mempunyai rumah di usia muda? Modal pertama yang harus Anda persiapkan adalah Niat dan selanjutnya silahkan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Menyisihkan Minimal 30% Penghasilan Untuk Membeli Rumah

Jika niat Anda sudah bulat untuk membeli rumah di usia muda, maka kunci sukses untuk mewujudkan impian Anda adalah dengan cara menabung. Sisihkan minimal 30 persen pendapatan Anda setiap bulannya dan simpan di rekening khusus (agar tidak tercampur dengan rekening untuk biaya hidup atau pengeluaran lainnya). Lakukan hal tersebut secara rutin dan displin.

Jangan lupa untuk menghindari gaya hidup boros dan membeli sesuatu yang tidak terlalu penting. Karena kebiasaan ini akan merusak perjuangan Anda untuk mengumpulkan uang.

Mencari Pekerjaan Sampingan Untuk Uang Muka Membeli Rumah

Bagi Anda yang memiliki penghasilan dengan jumlah yang pas-pasan, maka solusi terbaik untuk mengumpulkan uang membeli rumah adalah dengan cara mendapatkan pekerjaan sampingan. Karena pastinya akan sangat kesulitan untuk menyisihkan gaji yang jumlahnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Anda bisa mencari pekerjaan sampingan yang mempunyai jam kerja fleksibel dan tentunya pekerjaan tersebut tidak menganggu pekerjaan utama Anda. Ada beberpa pekerjaan sampingan yang bisa Anda pertimbangkan salah satunya adalah menjadi seorang freelancer. Pada zaman sekarang ini Anda bisa menemui pekerjaan sampingan secara online. Pilihlah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Investasikan Tabungan Anda

Setelah jumlah tabungan Anda jumlahnya sudah lumayan banyak, maka cobalah untuk melipat gandakannya dengan cara melakukan investasi. Namun pastikan Anda berinvestasi dengan resiko kerugian yang minim dan lakukan investasi hanya dengan orang-orang yang anda percayai atau sudah mempunyai kredibilitas. Seperti menanam modal di dalam usaha yang dikelola oleh keluarga atau teman dekat. Anda juga dapat menginvestasikan uang Anda dalam bentuk investasi yang lebih aman, seperti: emas, deposito, atau reksadana. Hal ini tentu saja akan membuat Anda nantinya mendapatkan sejumlah keuntungan di masa depan.

Mencari Rumah dengan Cicilan yang sesuai

Apabila investasi yang Anda lakukan berjalan dengan baik, maka uang yang Anda kumpulkan untuk membayar DP atau uang muka membeli rumah sudah mencukupi. Langkah selanjutnya adalah mencari informasi ketersedian rumah yang dekat dengan lokasi Anda bekerja atau beraktifitas. Pertimbangkan dengan matang jumlah penghasilan Anda dengan biaya cicilan KPR yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

anak muda beli rumah

Pastikan jumlah angsurannya tidak lebih dari 30 persen gaji Anda. Hal ini untuk mengantisipasi keperluan mendadak dikemudian hari, mengingat cicilan KPR biasanya sangat panjang, mencapai 10 sampai 25 tahun. Jangan tergoda dengan tenor atau jangka cicilan pendek hanya karena bunga yang ditawarkan jauh lebih ringan. Anda harus tetap menyesuaikan kemampuan bayar Anda dengan jumlah cicilan yang harus disetorkan setiap bulannya. Jangan sampai jumlah cicilan yang terlalu besar setiap bulannya, membuat seluruh rencana keuangan Anda menjadi berantakan dan Anda terbebani hutang cicilan yang menunggak di kemudian hari.

Sukses Memiliki Rumah Pribadi di Usia Muda

Setelah perjuangan panjang membayar cicilan KPR setiap bulannya, maka akhirnya Anda akan memetik hasil dari kerja keras Anda. Memang memiliki rumah di usia muda dibutuhkan komitmen dan kedisplinan yang tinggi. Ada pepatah mengatakan “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Hal inilah yang menggambarkan bagi kaum muda untuk memiliki rumah impiannya sendiri. Semua memerlukan proses yang tidak mudah, namun akan terasa indah pada akhirnya.

Ketika status rumah yang Anda cicil bertahun-tahun pada akhirnya sudah menjadi hak milik, maka bisa dibilang Anda sudah berhasil memanfaatkan dengan benar masa muda Anda. Langkah-langkah membeli rumah diusia muda diatas juga mengajarkan kita untuk selalu berhemat dan teliti dalam berinvestasi. Karena kedua Hal ini sangat menentukan keberhasilan kita untuk mencapai impian yang kita dambakan.

Bagaimana sudah ada niat membeli rumah di masa muda? Ayo menabung dari sekarang!!

Pos terkait

Pemberitahuan Untuk Para Agen SiPeti.co.id

Halo para Agen SiPeti.co.id Kami ingin memberitahukan bahwa Iklan Properti yang Anda ajukan di...

lanjutkan membaca

Tips Beli Properti Terbaik Secara Online di SiPeti.co.id

Semakin berkembangnya teknologi digital saat ini, memungkinkan bagi Anda untuk mencari informasi...

lanjutkan membaca

Tips Jual Cepat Properti Secara Online di SiPeti.co.id

Harapan dari seorang Agen properti adalah bisa menjual dengan cepat properti yang ditawarkan....

lanjutkan membaca

Bergabunglah dengan Diskusi