-->

Sejarah Mesin Penyedot Debu

    Dengan adanya karpet, tidak lama kemudian mesin penyedot debu karpet juga diciptakan. Mesin penyedot debu tangan pertama dibuat dan diuji di Chicago pada tahun 1860, sementara mesin penyedot debu listrik pertama diciptakan pada tahun 1900 oleh Cecil Booth.


    Sejarah Mesin Penyedot Debu


    Kira-kira pada waktu yang sama, seorang bernama James Spangler juga menciptakan mesin penyedot debu yang kemudian dijual kepada sepupunya, Hoover. Seperti yang diketahui, Hoover sejak saat itu menjadi salah satu merek terkenal di dunia mesin penyedot debu dan pasti salah satu merek terpopuler di dunia.


    Bagi banyak ibu rumah tangga, mesin penyedot debu dianggap sebagai berkat, karena dapat membantu menjaga kebersihan rumah dalam waktu yang lebih singkat. Sejak awal, mesin penyedot debu hanya dapat menyedot debu dan kotoran, meskipun dengan teknologi modern saat ini, para pencipta dapat menciptakan mesin penyedot debu basah yang dapat menyemprotkan uap pada karpet dan membunuh kuman sekaligus.


    Karpet mampu menutupi lantai rumah, apartemen, atau rumah mungil dan menjaga kaki orang tetap hangat di musim dingin. Dulu, orang perlu menyapu lantai atau karpet mereka, tetapi dengan adanya mesin penyedot debu, orang dapat dengan mudah menghilangkan debu dan kotoran dari karpet mereka dengan lebih sedikit usaha. Juga ditentukan bahwa bisnis, perusahaan, dan apartemen juga membutuhkan seseorang untuk membersihkan karpet mereka, sehingga tidak lama kemudian mesin penyedot debu komersial juga diciptakan.


    Mesin penyedot debu bekerja dengan menggunakan sistem pompa. Sistem pompa akan menyedot udara dari selang, yang kemudian akan menyedot debu dan kotoran dari apa saja yang berada di depan mulut mesin. Di dalamnya, mesin penyedot debu merupakan sistem penyaringan yang akan mengumpulkan debu dan kotoran yang kemudian bisa dibuang ke luar sampah.


    Sekarang, ada tujuh jenis utama mesin penyedot debu - mesin penyedot debu vertikal, boks, gaya ransel, terpasang, robot, tangan, dan mesin penyedot debu basah/kering. Jenis-jenis mesin penyedot debu ini tersedia dalam berbagai macam gaya, ukuran, dan menawarkan berbagai macam voltase dan ukuran daya juga.


    Salah satu perkembangan terbesar dalam mesin penyedot debu adalah adanya mesin penyedot debu karpet siklon yang sangat populer. Berbeda dengan mesin penyedot debu sebelumnya, mesin penyedot debu siklon mengumpulkan debu dan kotoran dalam sebuah silinder besar. Mesin penyedot debu siklon bekerja dengan menggunakan kekuatan udara pusat dan beberapa filter. Filter akan menyaring debu dan kotoran dalam beberapa tahap, sehingga udara yang disedot ke dalam silinder bisa dibersihkan kemudian dikeluarkan kembali ke udara melalui saluran pusat.

    LihatTutupKomentar