-->

Cara Membersihkan Lantai Granit Tanpa Merusak Permukaan

    Granit adalah jenis batuan beku yang terbentuk dari magma yang mengalir ke dalam lapisan bumi. Granit terdiri dari mineral-mineral seperti feldspar, kuarsa, dan mika. Batuan ini biasanya berwarna abu-abu, merah, atau putih, tetapi juga dapat menunjukkan warna lain seperti kuning, hijau, atau biru. Granit keras, tahan lama, dan sering digunakan untuk bahan bangunan, patung, dan dekorasi.


    cara membersihkan lantai granit


    Alat apa saja yang di perlukan untuk membersihkan lantai granit

    Untuk membersihkan lantai granit, Anda membutuhkan beberapa alat yang mungkin sudah tersedia di rumah, seperti:


    1. Sikat atau aspirator untuk menghilangkan debu dan sampah dari lantai.
    2. Ember atau wadah kecil untuk mencampur bahan pembersih.
    3. Spons atau sikat yang lembut untuk membersihkan lantai.
    4. Kain atau handuk yang bersih dan kering untuk mengeringkan lantai setelah dibersihkan.

    Selain alat-alat tersebut, Anda juga dapat menggunakan bahan pembersih khusus untuk granit, seperti sabun cuci piring atau deterjen ringan yang tidak mengandung ammonia. Jika lantai granit terlihat kusam atau memerlukan lapisan pelindung, Anda dapat menggunakan cairan pelindung lantai granit untuk membantu menjaga kelembutan dan keindahan lantai granit. Sebagai tambahan, Anda dapat menggunakan minyak kayu untuk membersihkan lantai granit yang terlihat kusam.


    Baca Juga : Perbedaan Marmer dan Granit: Mana yang Lebih Cocok untuk Lantai Anda?


    Cara membersihkan lantai granit

    Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan lantai granit:


    1. Bersihkan debu dan sampah dari lantai dengan menggunakan sikat atau aspirator.
    2. Tuangkan sedikit air hangat ke dalam ember, lalu tambahkan sedikit sabun cuci piring atau deterjen ringan yang tidak mengandung ammonia.
    3. Bersihkan lantai dengan menggunakan spons atau sikat yang lembut dan lap lembab.
    4. Bersihkan kembali lantai dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran yang tertinggal.
    5. Keringkan lantai dengan menggunakan kain atau handuk yang bersih dan kering.

    Cara lain membersihkan lantai granit

    Selain menggunakan sabun cuci piring atau deterjen ringan untuk membersihkan lantai granit, Anda juga dapat menggunakan metode berikut untuk membersihkan lantai granit:


    • Menggunakan bahan alami seperti air perasan jeruk nipis atau perasan air lemon. Campurkan air perasan jeruk nipis atau lemon dengan sedikit air, lalu bersihkan lantai granit dengan lap lembab yang telah dibasahi dengan campuran tersebut.


    • Menggunakan bahan pembersih khusus untuk granit. Anda dapat menemukan berbagai jenis pembersih khusus granit di toko kebutuhan rumah tangga atau toko peralatan rumah tangga. Pastikan untuk membaca label produk dan mengikuti petunjuk penggunaan yang disarankan.


    • Menggunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu aplikasikan pasta tersebut ke lantai granit dan bersihkan dengan sikat atau spons yang lembut. Kemudian bilas lantai dengan air bersih.


    • Menggunakan minyak kayu. Gunakan minyak kayu untuk membersihkan lantai granit yang terlihat kusam. Oleskan minyak kayu ke lantai granit dan bersihkan dengan sikat atau spons yang lembut. Kemudian bilas lantai dengan air bersih.


    Sebaiknya hindari menggunakan produk pembersih berbahan kimia kasar atau scrubber yang keras pada lantai granit, karena dapat merusak permukaan granit. Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan air panas atau menjemur lantai granit yang terkena sinar matahari langsung, karena dapat menyebabkan lantai granit menjadi kering dan retak. Jika lantai granit terlihat kusam atau memerlukan lapisan pelindung, Anda dapat menggunakan cairan pelindung lantai granit untuk membantu menjaga kelembutan dan keindahan lantai granit.

    LihatTutupKomentar