-->

Resep Gulai Kikil Masakan Padang Rahasia Keluarga

    Apa itu kikil Padang?

    Kikil adalah salah satu jenis daging sapi yang berasal dari bagian kaki sapi. Masakan kikil khas dari Padang adalah gulai kikil, yaitu daging kikil yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas Padang seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kunyit, lalu ditumis dengan santan sampai empuk. Masakan ini sering disajikan bersama nasi putih hangat sebagai makanan utama.

    resep gulai kikil masakan padang

    Bumbu gulai kikil padang

    Bumbu gulai kikil Padang biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kunyit yang ditumis bersama-sama sebelum ditambahkan ke daging kikil yang sudah direbus. Selain itu, bumbu-bumbu lain yang biasa digunakan dalam gulai kikil Padang meliputi garam, gula, dan ketumbar. Bumbu-bumbu ini dapat ditambahkan secara bersama-sama saat menumis bawang dan cabai, atau ditambahkan secara bertahap sesuai selera dan kebutuhan.


    Berapa lama merebus tunjang?

    Lama waktu yang dibutuhkan untuk merebus tunjang tergantung pada seberapa empuk yang Anda inginkan. Umumnya, tunjang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk direbus, biasanya sekitar 1-2 jam. Namun, Anda juga dapat memotong tunjang menjadi bagian-bagian kecil sebelum direbus untuk mempercepat proses perebusan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pressure cooker untuk merebus tunjang, yang biasanya membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan merebus menggunakan panci biasa.


    Berikut ini adalah cara membuat gulai kikil masakan Padang:


    • Rebus daging kikil selama kurang lebih 1 jam sampai empuk, lalu tiriskan.
    • Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah hingga harum, lalu tambahkan kunyit dan tumis kembali sebentar.
    • Masukkan daging kikil yang sudah direbus ke dalam tumisan bumbu, lalu tambahkan air secukupnya dan masak hingga mendidih.
    • Tambahkan santan dan garam secukupnya, lalu masak hingga santan menyatu dengan bumbu dan daging kikil empuk.
    • Angkat dan sajikan gulai kikil masakan Padang dengan nasi putih hangat. Selamat mencoba!

    LihatTutupKomentar