-->

Kenapa harus Pasang CCTV di rumah?

    Kenapa harus Pasang CCTV di rumah?

    Ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya memasang CCTV di rumah, diantaranya adalah:


    • Memantau keadaan di rumah secara remote. Dengan CCTV, Anda dapat memantau keadaan di rumah meskipun sedang berada jauh dari rumah, baik melalui monitor atau TV yang terhubung ke DVR atau melalui smartphone yang terhubung ke internet.
    • Mengurangi resiko kejadian yang tidak diinginkan. CCTV dapat membantu Anda memantau keadaan di rumah secara terus-menerus, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kejadian yang tidak diinginkan seperti pencurian atau masuknya orang asing ke dalam rumah.
    • Sebagai bukti pada kasus hukum. Rekaman video dari CCTV dapat digunakan sebagai bukti pada kasus hukum, seperti pencurian atau pelanggaran lain di rumah.
    • Sebagai sarana pengendalian diri. CCTV juga dapat digunakan sebagai sarana pengendalian diri, misalnya untuk memantau aktivitas anak-anak Anda atau mengawasi penggunaan ruang bermain oleh tamu yang datang ke rumah.


    Dengan memasang CCTV di rumah, Anda dapat merasa lebih tenang dan aman, serta dapat memantau keadaan di rumah secara remote tanpa harus selalu berada di rumah. Selamat mencoba!

    Kenapa harus Pasang CCTV di rumah

    Tips pasang cctv di rumah

    Untuk pasang CCTV di rumah, pertama-tama Anda perlu menentukan tempat yang tepat untuk menempatkan kamera. Pilihlah tempat yang mudah dijangkau untuk pemeliharaan dan juga memberikan pandangan yang baik. Pastikan juga bahwa kabel power dan koneksi internet dapat mencapai kamera. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka paket CCTV dan pastikan semua komponen yang diperlukan sudah ada.
    2. Pasang bracket kamera pada dinding atau langit-langit, sesuai dengan posisi yang telah Anda tentukan.
    3. Hubungkan kabel power ke kamera.
    4. Hubungkan kabel video dari kamera ke DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder).
    5. Pasang DVR atau NVR pada tempat yang mudah diakses, misalnya di lemari atau rak.
    6. Hubungkan DVR atau NVR ke monitor atau TV untuk melihat hasil rekaman.
    7. Bila perlu, atur setelan kamera seperti resolusi, frame rate, dan lainnya sesuai kebutuhan.
    8. Jalankan uji coba untuk memastikan CCTV dapat berfungsi dengan baik.


    Ingatlah untuk selalu menjaga keamanan koneksi internet dan password DVR atau NVR agar tidak mudah dikompromikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selamat mencoba!


    Sebaiknya CCTV dipasang dimana?

    Sebaiknya CCTV dipasang di tempat-tempat strategis di rumah Anda, seperti di depan pintu masuk utama, di lorong atau ruang belakang rumah, di bagian luar rumah yang menghadap ke jalan raya, dan di bagian dalam rumah yang rawan seperti di lemari harta karun atau di kamar tidur. Pemilihan tempat yang tepat akan membantu Anda memantau keadaan di rumah dengan lebih efektif dan mengurangi resiko kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu, pastikan bahwa kamera dapat menangkap gambar dengan jelas dan tidak terhalang oleh halangan seperti pohon atau bangunan lain.


    Pasang CCTV apakah harus ada wifi?

    Tidak, pasang CCTV tidak harus ada wifi. CCTV dapat berfungsi tanpa adanya koneksi internet jika Anda menggunakan DVR (Digital Video Recorder) sebagai perangkat penyimpanan dan pengolah sinyal video. DVR akan merekam sinyal video dari kamera CCTV dan menyimpannya ke dalam media penyimpanan seperti hard disk. Anda dapat memantau hasil rekaman melalui monitor atau TV yang terhubung ke DVR. Namun, dengan adanya koneksi internet, Anda juga dapat mengakses CCTV di rumah Anda secara remote melalui smartphone atau perangkat lain yang terhubung ke internet, sehingga dapat memantau keadaan di rumah Anda meskipun sedang berada jauh dari rumah.


    Bagaimana cara menghubungkan CCTV ke hp?

    Untuk menghubungkan CCTV ke smartphone, pertama-tama pastikan bahwa CCTV sudah terhubung ke DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder) dan juga terhubung ke jaringan internet yang stabil. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:


    • Download dan instal aplikasi pengelola CCTV di smartphone Anda, misalnya iSmartViewPro atau ASee.
    • Buka aplikasi dan pilih menu "Device Manager" atau "Add Device".
    • Masukkan IP address, port, username, dan password DVR atau NVR. Informasi ini biasanya tercantum pada manual atau dapat ditanyakan kepada pemasang CCTV.
    • Tekan tombol "Save" atau "Add" untuk menyimpan konfigurasi.
    • Pilih nama CCTV yang telah Anda tambahkan dan tekan tombol "Play" untuk mulai memantau.


    Anda juga dapat mengakses CCTV di rumah melalui browser di smartphone dengan mengetikkan alamat IP DVR atau NVR pada address bar. Pastikan Anda memasukkan username dan password yang benar untuk mengakses sistem. Selamat mencoba!

    LihatTutupKomentar