-->

Wisata taman bunga pilihan keluarga tahun 2022

    Tempat liburan keluarga tidak melulu harus mengeluarkan uang extra, wisata taman bunga pilihan keluarga tahun 2022 untuk keluarga bisa menjadi pilihan yang layak untuk di coba. Asik untuk bercengkrama dengan disuguhi pemandangan hamparan cantiknya bunga yang beraneka ragam.

    Taman bunga atau taman flora adalah taman yang sengaja didesain dengan berbagai macam tanaman bunga apapun atau hanya beberapa jenis bunga saja yang menghasilkan keunikan tersendiri. Ada juga taman bunga yang sengaja di buat untuk melindungi beberapa jenis bunga yang memang sudah langka, contohnya ada beberapa jenis bunga anggrek yang hanya bisa di temukan di hutan belantara.

    Karena masa mekar bunga beragam sepanjang tahun, dan beberapa tanaman mengering pada setiap musim dingin, taman bunga dapat mengatur susunan permekaran dan kombinasi warna yang konsisten sepanjang musim. Makanya Tanaman bunga sangat menarik dan cocok untuk di jadikan tema pada sebuah taman yang pada akhirnya dapat mengundang pengunjung untuk datang.

    Ada berbagai macam Taman Bunga di Indonesia, Taman-Taman bunga tersebut penamaannya ada yang sesuai dengan jenis bunga yang di tanam ataupun nama daerah dimana taman itu berada, berikut beberapa Taman Bunga yang berada di Indonesia.

    Taman Bunga Matahari

    Kalian pasti sudah tahu bunga matahari bukan?, Bunga Matahari adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Utara yaitu Meksiko. Bunga ini memiliki daun tunggal lebar dan batang yang ditumbuhi rambut kasar, tegak, dan jarang bercabang, dengan memiliki tinggi 3-5m tergantung jenisnya.

    Bunga Matahari selain dijadikan tanaman hias juga dijadikan tanaman penghasil minyak. Bunga yang berwarna kuning ini memiliki prilaku yang khas, yaitu arah bunga ini selalu menghadap ke arah matahari, makanya orang prancis menyebutnya tournesol atau sany pengelana matahari.

    Sejarah

    Sejarah Tumbuhan ini ternyata sudah dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun lalu. Kemudian tersebar ke Amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber pangan bagi warga Inka. Pada abad ke-16 Orang Eropa memperkenalkannya ke berbagai penjuru dunia lainnya, dan pada abad ke-17 bijinya digunakan dalam campuran roti atau diolah sebagai pengganti kopi serta cokelat. Penggunaannya sebagai sumber minyak mulai dirintis pada abad ke-19.

    Manfaat Bunga Matahari

    Pemanpaatan Bunga Matahari sebagai sumber minyak baik untuk bahan pangan ataupun untuk bahan industri. Dengan tingginya kandungan giji bunga matahari sangat berperan sebagai anti oksidan dan mencegah penyakit diabetes, kanker, peradangan dan penyakit jantung. Dan bijinya juga bisa dipakai sebagai pengganti kopi hingga jadi minyak nabati dan tepung rendah gluten yang cocok untuk diet.

    Beberapa Taman Matahari Indonesia

    Ada beberapa Taman Bunga Matahari di Indonesia, Kebun bunga matahari tersebut sudah di kelola cukup baik dan cukup mudah di datangi oleh wisatawan dengan fasilitas yang cukup lengkap, Inilah beberapa list Taman Bunga Matahari di Indonesia:

    1. Taman Bunga Matahari Bogor
    2. Taman Bunga Matahari Tangerang
    3. Taman Bunga Matahari Bantul Jogja
    4. Sunflower Festival, Sky Garden Paris van Java Mall, Bandung
    5. Kebun bunga Kediri

    Taman Bunga Wiladatika


    Taman yang memiliki lahan yang luas dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang pengunjung yang datang. Taman Bunga Wiladatika yang disebut juga taman bunga cibubur selain memiliki memiliki taman yang bermacam-macam juga dilengkapi banyak Gazebo untuk istirahat dan meneduh bagi parapengunjung, selain itu ada juga gedung serbaguna dan kolam renang dan wahana permainan.

    Ciri khas Taman Wiladatika adalah taman bunga dan taman jamurnya. Taman bunga dipenuhi dengan hamparan bunga dari berbagai varian dengan labirin hijaunya dilengkapi dengan air mancur yang lumayan besar. Pengunjung bisa menikamati keindahan dan berjalan-jalan sambil berpoto di sekitarnya.

    Taman Wiladatika berada di Cimanggis, Cibubur Jakarta Timur berdekatan dengan Bumi Perkemahan Cibubur. Nama Taman Wiladatika merupakan singkatan dari Taman Widya Mandala Krida Bakti Pramuka yang buka setiap hari.

    Taman bougenville


    Berada di Gunung Puntang Kawasan Cimaung Banjaran Pangalengan Bandung Taman Bougenville menawarkan pesona keindahan alam dengan taman bunga dan wahana air yang menawan.

    Keindahan Taman Bunga Bougenville yang dilengkapi dengan alur sungai dan perbukitan dengan area perkebunan dan sawah milik masyarakat menambah daya tarik alam yang tidak terbantahkan.

    Dengan fasilitas wahana air yang lengkap dan penginapan villa yang harganya beragam sangat cocok bagi kalian yang ingin ripreshing otak dari segala kepenatan aktifitas keseharian.

    Taman Sakura Cibodas


    Siapa yang tidak tau Bunga Sakura?, Taman Sakura Cibodas memiliki bunga khas jepang itu. Bunga Sakura yang hanya mekar sekali setahun sekali di negara asalnya jepang di Cibodas bunga ini mekar dua kali dalam setahun yaitu di bulan januari-februari dan agustus-september. Sekarang bunga sakura bisa kalian nikmati hanya dengan datang ke cibodas, cianjur Jawa Barat terletak di kaki gunung gede pangrango.

    Hanya butuh 2 jam dari jakarta ke cibodas ini, terdapat 200 jenis sakura yang tersebar di daerah emapt musim, subtropik dan tropik. Bunga sakura yang mekar di kebun raya cibodas berjenis Prunus Cerasoides, Prunus Cerasoides, Prunus Puddum dan Cerasus Puddum yang dikenal dalam bahasa inggris Himalayan Wild Cherry.

    Dengan koleksi Bunga Sakura ini Kebun Raya Cibodas makin ramai didatangi pengunjung untuk menikmati mekarnya bunga sakura yang tidak perlu jauh-jauh datang ke jepang.

    Kebun Begonia


    Wisata Lembang kembali mendapatkan suntikan destinasi baru, yaitu Taman Kebun Begonia. Kawasan lembang yang sudah populer tempat wisata bandung yang bersuhu dingin.

    Bunga Begonia yang berasal dari Bali sudah sering kita lihat di taman ataupun halaman hotel. Bunga Begonia ini jenis tanaman yang termasuk tanaman bandel karena tidak terlalu terpengaruh oleh faktor cuaca.

    Dengan konsep wisata alam terbuka Taman Kebun Begonia dengan penataan bunga yang cantik, Terdapat tidak kurang dari 50 jenis ragam bunga yang di tanam d Taman Begonia yang setiap bunganya di kelompokan sehingga membentuk warna bunga yang macam-macam.

    Taman Begonia berada di Jl. Maribaya, no.120 A, Langesari Lembang, Bandung Barat. Selain menjadi tempat wisata kekinian, Taman Begonia juga menjadi tempat wisata edukatif.

    Taman Bunga Poska


    Taman Bunga Poska ini berada di Desa Pematang, Kecamatan Banua Lawas, Konta Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimatan Selatan. Taman ini berada tidak jauh dari Tugu Perbatasan Kabupaten Tabalong dan Hulu Sungai Utara.

    Dengan harga tiket yang terjangkau Rp 3000 perorang, kalian bisa menjalajahi lahan taman yang sangat luas dan bisa berphoto ria karena pemandangannya yang indah dan instagramable. Di sekitar taman banyak pondok-pondok kecil untuk bersantai ataupun beristirahat kalian.

    Taman Bunga Poska didirikan atas inisiatif warga sekitar dan di kelola secara swadaya oleh masyarakat Pematang. Sejak diresmikannya pada tahun 2019 taman ini sudah menyedot banyak pengunjung untuk datang, apalagi Taman ini terus mengalami perkembangan dan peningkatan untuk kenyamanan bagi para pngungnya.

    Taman Bunga Nusantara


    Taman Bunga Nusantara biasa disebut Taman Bunga Cibodas berada kaki Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor, tepatnya Berada di desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur Dengan Desa Sukawangi, Sukamakmur, Jonggol.

    Didirikan dan diprakarsai oleh Ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992, Taman Nusantara dibangun sebagai Area Agrowisata dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995.

    Di sini kalian akan menemukan berbagai macam taman, dari taman bunga mawar, taman air, taman dinosaurus, labirin dan lain sebagainya. Kalian tidak akan bosan karena banyaknya pilihan destinasi wisata taman.

    Taman Seribu Bunga


    Taman Seribu Bunga dikelola oleh BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa yang bisa memberikan nilai tambah bagi desa dan masyarakat desa itu sendiri. Taman Seibu Bunga ini terletak di Desa Barus Jahe, Berastagi, Karo Regency, Sumatra Utara.

    Pada awalanya Taman Seribu Bunga ini diinisiasi oleh salahsatu warga desa BarusJahe yang terinspirasi dari Taman Bunga Di Jepang Hitsujiyama Park yang luar biasa indah dengan bunga sakura Shibazakura-nya.

    Bunga-bunga di Taman Seribu Bunga yang ada di Lembah Barus Jahe bukan hanya sekedar tempat wisata yang hanya memanjakan mata saja, akan tetapi bunga-bunga-nya di jual ke berbagai kota seperti Kota Siantar dan Medan, sehingga menambah nilai tambah untuk desa Barus Jahe.

    Taman Bunga Amarilis


    Kota Jogjakarta Kota wisata budaya dan pendidikan tidak pernah habis dengan hadirnya tempat wisata baru. Trekini muncul Amarilis Flower Graden Pathuk Yogyakarta atau biasa di kenal Taman Bunga Amarilis ataupun Kebun Bunga Amarilis yang menwarkan pesona dari ribuan bunga amarilis yang ditunjang dengan berbagai fasilitas yang menarik.

    Lokasi Kebun Bunga Amarilis berada di Ngasemayu, Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Cukup dengan harga tiket Rp 10.000 perorang kalian bisa sepuasnya mengexplore spot-spot terbaik Taman Bunga Amarilis. Sayangnya Taman Bunga ini hanya bisa dikunjungi setahun sekali, bukan tampa alasan karena bunga amarilis hanya mekar sekali setiap tahunnya. Bunga Amarilis biasanya mekar 3 minggu setelah musim hujan pertama.

    Taman Bunga Okura


    Pekanbaru seakan tidak mau ketinggalan dengan melahirkan Tempat Wisata Taman Bunga Okura atau Taman Bunga Impian. Taman ini sudah dikenal dikalangan para milenial karena keindahan bunga-bunga yang bermekaran dan spot-spot bagi penghobi Photografi yang di tunjang dengan fasilitas yang lumayan lengkap.

    Berlokasi di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir, sekitar 30 menit dari pusat kota Pekanbaru, Riau. Dengan luas lahan sekitar 2 hektar terhampar di tepian sungai siak. Sejak tahun 2017 parapemuda Tebing Tinggi membudidayakan bibit-bibit bunga yang berasal dari warga sekitar, dan sampai sekarang Taman Bunga Okura ini terus berkembang.

    Taman Bunga Selecta


    Taman Bunga Selecta merupakan taman yang memiliki sejarah panjang, Didirikan oleh Ruyter De Wildt seorang berkebangsaan Belanda pada tahun 1930an, sehingga bangunannya memiliki arsitektur Belanda kuno yang menjadi daya tarik para wisatawan lokal ataupun asing.

    Dengan fasilitas yang terhitung lengkap, Kalian bisa menikmati berbagai wahana permainan yang memanjakan. Taman Bunga Selecta ternyata hanya merupakan salah satu spot dari Taman Selecta yang ternyata memiliki 4 bagian spot wisata yaitu Taman Rekreasi, Kebun, Hotel dan Restoran.

    Taman Selecta sendiri berada di Kota Batu, tepatnya di Jl. Raya Selecta no1, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Spot Taman Bunga Selecta memiliki luas sekitar 18 hektar dengan hamparan bunga yang warna-warni menajakan mata kalian.

    Taman Edelweis Bromo


    Bagi kalian yang hobby naik gunung mungkin sudah tidak asing lagi dengan bunga edelweis, Bunga Edelweis sendiri memiliki arti cukup mendalam dilambangkan dengan cinta dan pengabdian. Di Bromo sekarang ada Taman Edelweis Bromo yang keberadaanya di peruntukan untuk membudidayakan Bunga Edelweis ini.

    TNBTS menginisiasi budidaya Bunga Edelweis sejak tahun 2016, yang akhirnya berhasil dengan menghasilkan desa wisata berbasis konservasi dengan nama Taman Wisata Edelweis. Desa wisata ini berada di Desa Wonokitri Kematan Tosari, Kabupaten Pasuruan yang diresmikan pada tahun 2018.

    Selain memberikan panorama pemandangan yang indah Taman Edelweis Bromo ini juga menyediakan fasilitas tambahan seperti Cafe, Food Court dan spot-spot Photo yang cantik.

    Taman Bunga Garut


    Wisata Jawa Barat memang singada lawan, Taman Bunga Garut yang di kenal dengan Kebun Mawar Situhapa telah menjadi objek wisata yang viral kekinian dengan hamparan bunga yang sangat cantik. Dengan biaya yang terjangkau kalian bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di taman ini.

    Berlokasi di Jl Raya Kamojang, Samarang, Sukakarya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, 15 menit dari pusat kota Garut. Dengan Berbagai ragam jenis bunga, dari Bunga Magnolia, Damascena dan Geralium dipadukan dengan hamparan rumput segar warna hijau yang luasnya sekitar 5 hektar akan sangat memanjakan kalian yang suka berswaphoto. Apabila kalian sempat menginap di Taman Bunga Garut atau Kebun Mawar Situhapa kalian akan merasakan segarnya udara pagi hari dan wanginya bunga.

    Taman Bunga Puncak Tonang


    Berawal dari lahan tidur yang tidak produktif Taman Bunga Puncak Tonang berubah menjadi Taman Bunga yang sangat menawan. Dengan luas kurang lebih 20 hektar Taman ini di tata sedimikan rupa sehingga view-nya tidak kalah cantik dengan Taman Bunga di Jepang.

    Berada di ketinggian Puncak Tonang Kabupaten Pasaman, Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Taman Bunga Puncak Tonang di bangun sejak tahun 2004 dan baru populer di tahun 2017.

    Taman Bunga Tulip


    Bicara Bunga Tulip kalian pasti langsung tertuju ke Belanda yang di kenal dengan Negeri Tulip, Ternyata Taman Bunga Tulip di kita juga ada loh, tepatnya di Perumahan Pogor Indah Bandung, kalau kalian ingin ke sana bisa dari perumahan Margahayu Raya Jalan Rancabalong atau dari Gedebage.

    Dengan luas sekitar 1 hektar Taman Bunga Tulip atau dikenal Kampung Tulip Bandung ditata sedimikian rupa oleh pemiliknya sehingga benar-benar membuat pengunjung nyaman.

    Taman Bunga Metro


    Berdiri di lahan yang luas sekitar 2 hektar dibuka pada tahun 2019 dengan konsep taman bunga celosia. Daya tarik bunga Celosia di Kota Metro Lmapung ini dikenal dengan nama Taman Bunga Celosia yang berada di desa Tejosari Metro.

    Bunga Celosia termausk bunga yang memiliki daya tahan yang cukup lama,tergantung perawatannya. Pak Ketut dan Bu Suti sebagai pemilik taman buatan ini terinspirasi dari kebun bunga di Lubuklanggau. Taman ini boleh dibilang surga buat yang maniak selfi dengan banyaknya spot-spot foto yang menraik. Dengan harga tiket yang terjangkau kalian diberikan fasilitas yang cukup lengkap.

    Itulah sebagian wisata taman bunga pilihan keluarga tahun 2022 yang sedang viral sa’at ini. Dengan biaya yang minim kalian bisa menikmati keindahan taman-taman yang indah dengan fasilitas yang lengkap. Nikmatilah dengan pasangan ataupun keluarga kalian, semoga artikel ini membantu kalian.

    LihatTutupKomentar