-->

Tips Cara memposisikan lampu Yang Tepat


    Pencahayaan adalah salah satu elemen terpenting dalam menciptakan ruang yang terasa pas. Pencahayaan yang tepat dapat mengubah suasana hati Anda, menciptakan daya tarik visual dan membuat ruangan terasa lebih besar dari yang sebenarnya. Baik Anda mencari pencahayaan aksen atau hanya ingin menambahkan suasana ke rumah Anda, kami memiliki beberapa ide tentang bagaimana Anda dapat menggunakan bola lampu untuk mencapai tujuan ini!

    Sebelum Anda menempatkan lampu di ruangan Anda, pertimbangkan apa peran sebenarnya dari lampu dan oleh karena itu di mana lampu itu harus ditempatkan.

    Sebelum Anda menempatkan lampu di ruangan Anda, pertimbangkan apa peran lampu yang sebenarnya dan oleh karena itu di mana lampu itu harus ditempatkan.

    Jika tujuan utama Anda adalah untuk menerangi sudut yang gelap atau menciptakan lebih banyak suasana di lingkungan yang netral, maka menempatkan lampu yang berdiri di lantai di sana akan sesuai. Di sisi lain, jika tujuan Anda adalah untuk memusatkan perhatian pada satu area tertentu (seperti membaca), maka lampu gantung dari perlengkapan langit-langit mungkin lebih efektif.

    Namun secara umum, kebanyakan orang menemukan bahwa lampu yang dipasang di dinding paling cocok untuk ruang kecil seperti lemari atau kamar mandi di mana ada sedikit jarak bebas di atas kepala yang tersedia di sekitar mereka.

    Lampu lantai untuk mencerahkan sudut ruangan yang gelap.

    Lampu lantai sering digunakan untuk mencerahkan sudut ruangan yang gelap. Lampu ini juga dapat digunakan untuk menerangi area tertentu, seperti meja samping tempat tidur atau lampu meja. Dalam beberapa kasus, lampu lantai dapat ditempatkan di sudut-sudut untuk memberikan cahaya ekstra bagi mereka yang sedang membaca atau bekerja di malam hari.

    Lampu lantai hadir dengan berbagai ukuran dan bentuk sehingga Anda dapat menemukan satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan sempurna!


    lampu lantai sebagai sumber cahaya utama di ruangan

    Jika Anda menggunakan lampu lantai sebagai sumber cahaya utama di dalam ruangan, pikirkan tentang memposisikannya sehingga tidak akan menciptakan bayangan di dinding atau pada furnitur Anda. Untuk melakukan ini, pertimbangkan apakah ada jendela di dekatnya (dan jika ada, seberapa besar). Kemudian, cari cara untuk menyesuaikan letak lampu Anda relatif terhadap letak jendela-jendela tersebut-misalnya:

    Jika tidak ada jendela di dekatnya dan Anda ingin menghindari bayangan dari lampu yang ada di dalam ruangan, maka pilihlah opsi yang menempatkan alasnya tepat setinggi mata; dengan cara ini, ketika seseorang masuk ke rumah Anda, mereka akan dapat melihat semuanya dengan jelas tanpa kesulitan menavigasi di sekitar benda-benda seperti kursi atau meja.

    Jika ada beberapa perlengkapan pencahayaan yang sudah ada, tetapi tidak ada lampu tambahan yang diperlukan untuk situasi ini (seperti lampu tersembunyi), maka cukup pindahkan dari posisinya saat ini sehingga lampu bisa berdiri lebih tinggi sebagai gantinya-dengan cara ini, mereka yang masuk tidak akan kesulitan melihat satu sama lain dengan jelas juga!

    Lampu untuk kursi baca

    Apabila Anda menerangi satu kursi baca atau seluruh sofa ukuran keluarga, tempatkan cahaya di belakang dan di atas bahu siapa pun yang akan menggunakannya. Hal ini tidak hanya membantu bagi mereka yang kesulitan membaca dalam kondisi cahaya redup, tetapi juga meningkatkan kenyamanan mereka dengan memberikan penerangan yang lebih dari cukup untuk membaca dengan nyaman. Lampu tidak boleh ditempatkan secara langsung di depan wajah pembaca, melainkan harus miring sehingga tidak memantulkan dinding atau furnitur di sekitarnya. Lampu juga harus diposisikan pada jarak sedemikian jauh dari wajah mereka, sehingga tidak menciptakan bayangan pada halaman ketika membaca melalui lampu tersebut (yang bisa menyebabkan ketegangan mata).

    Secara umum, Anda harus menempatkan lampu di atas kepala Anda lebih dekat bersama-sama daripada lampu Anda. Lampu depan harus berjarak 5-6 kaki dan lampu di atas kepala harus setidaknya 5 kaki dari langit-langit.

    Lampu untuk menciptakan daya tarik.

    Lampu meja adalah cara yang bagus untuk menambahkan pencahayaan dekoratif. Lampu meja dapat digantung di atas atau di dekat meja makan, memberikan cahaya terang di tengah ruangan. Jika Anda memiliki denah lantai terbuka yang tidak memiliki banyak perabot dan membutuhkan beberapa tambahan daya tarik, gunakan lampu meja sebagai aksen di sekitar meja makan Anda.

    Lampu meja juga berguna saat Anda perlu menyoroti bagian tertentu dari rumah atau ruang kantor Anda: lampu ini sempurna untuk menyoroti karya seni di dinding atau rak; lampu ini memberikan penerangan yang cukup lembut sehingga tidak akan mengganggu orang yang sedang tidur; ketinggiannya yang dapat disesuaikan membuatnya mudah diposisikan di tempat yang dibutuhkan (dan diturunkan saat tamu datang). Dan jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih dramatis daripada hanya satu lampu per sudut? Cobalah menggantung dua lampu berseberangan sehingga terlihat seperti ada lebih banyak cahaya yang masuk daripada yang sebenarnya!

    Lampu untuk menciptakan efek dramatis

    Pertimbangkan apakah Anda ingin menciptakan efek dramatis atau jika Anda ingin menggunakan lampu untuk menyoroti bagian tertentu dari ruangan. Jika rumah Anda memiliki langit-langit yang tinggi, mungkin saja pencahayaan akan dapat memberikan bayangan pada dinding dan lantai. Hal ini dapat memberikan efek yang lebih dramatis daripada hanya memasang lampu di area yang sudah memiliki cahaya alami yang baik dari jendela atau skylight.

    Namun, jika hal ini tidak sesuai dengan ruangan Anda, pertimbangkan beberapa opsi lain: sakelar peredup memungkinkan kontrol yang tepat atas seberapa banyak cahaya yang dipancarkan oleh setiap perlengkapan; lampu gantung memberikan titik perhatian ekstra yang menarik di area yang gelap (meskipun perlu penempatan yang hati-hati); lampu gantung dapat memberikan fokus lembut sambil tetap menyoroti bagian-bagian tertentu dari ruangan dengan skema warnanya (tetapi hanya jika digantung cukup tinggi!).

    Lampu tersembunyi

    Lampu tersembunyi didesain untuk masuk ke dalam rongga plafon, sehingga rata dengan tingkat plafon. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk ruangan dengan plafon rendah, karena memungkinkan Anda menggunakan seluruh dinding lampu, alih-alih membuatnya surut ke area yang terlalu tinggi untuk kebutuhan Anda.

    Lampu liontin

    Lampu gantung memiliki perlengkapan liontin tunggal yang menggantung dari langit-langit dengan kabel atau batang, sering kali dengan penutup berbentuk drum yang digantung dari ujung kabel atau batang. Lampu gantung biasanya dibuat dalam berbagai bentuk, termasuk bola dan silinder.

    Lampu gantung biasanya berbentuk seperti drum dan berisi bohlam yang saling berhubungan dengan kabel atau batang. Tempat bohlam dapat diamankan ke struktur plafon yang sudah ada dengan memasang braket atau digantung langsung menggunakan rantai (yang mungkin tersembunyi di dalam plafon).

    Lampu track

    Lampu track adalah jenis perlengkapan pencahayaan yang dipasang ke jalur logam horizontal di dinding atau langit-langit. Lampu track dipasang ke bagian atas track dan memungkinkan pemasangan yang mudah ke drywall atau plesteran yang ada. Trek bisa lurus atau melengkung, tergantung pada kebutuhan Anda.

    Wall sconce

    Wall sconce, seperti namanya, adalah lampu yang dipasang di dinding. Lampu ini hadir dalam berbagai jenis corak atau penutup yang dapat menambah penampilan serta fungsinya.

    Sconce dinding sering ditempatkan di dinding untuk menerangi suatu area dan memberikan cahaya ekstra saat dibutuhkan. Lampu ini juga memberikan titik fokus untuk skema dekorasi ruangan. Anda harus menempatkan lampu di atas kepala Anda lebih dekat bersama-sama daripada lampu Anda karena ini akan memungkinkan Anda untuk melihat lebih baik ke area gelap yang mungkin sebelumnya tidak dapat diakses oleh sumber pencahayaan konvensional seperti lampu meja atau lampu lantai (yang cenderung tidak bekerja dengan baik di luar).

    Kesimpulan:

    Gunakan lampu Anda untuk menambahkan kedalaman dan suasana hati ke setiap ruangan di rumah Anda

    Ada berbagai macam pilihan pencahayaan yang tersedia untuk Anda, jadi penting untuk memilih pencahayaan yang tepat untuk ruangan. Pencahayaan dapat digunakan dengan berbagai cara-untuk menciptakan suasana hati, menonjolkan fitur, atau sekadar menerangi sudut-sudut gelap. Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa lampu Anda harus melengkapi dekorasi rumah Anda yang lain sekaligus menambahkan kedalaman dan drama.

    Anda harus menargetkan tingkat pencahayaan yang optimal dengan mempertimbangkan beberapa faktor:

    Di mana Anda ingin orang memperhatikan sesuatu? Jika itu adalah titik fokus di ruangan Anda seperti lukisan atau patung, maka tempatkan lampu di atas kepala tepat di atasnya (atau lebih tinggi jika perlu). Jika tidak-misalnya, jika tidak ada benda besar di latar depan-maka tempatkan lampu setinggi mata sehingga pemirsa lebih mudah melihat apa yang mereka lihat.

    Berapa banyak cahaya yang saya butuhkan? Jika ada sesuatu yang membutuhkan penerangan yang lebih sedikit daripada benda lain di dekatnya, tetapi tidak terlihat dari ketinggian kepala (seperti rak buku), maka gunakan lampu yang lebih kecil di dekatnya, bukannya menempatkan lampu lebih tinggi di tempat yang tidak akan terlihat dengan mudah!

    LihatTutupKomentar