-->

Mending Beli tanah atau rumah?

    Mending beli tanah atau rumah kerap kali jadi buah simalakama tersendiri untuk seseorang yang ingin mengawali hidup baru atau mengawali investasi. Untuk memudahkanmu dalam menentukan, simak perbandingan kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

    Mana lebih untung beli tanah atau rumah?, Rumah sebagai tempat tinggal merupakan kebutuhan primer yang sangat penting. Setiap individu membutuhkan tempat tinggal, baik dalam bentuk rumah sewa/kontrak, ataupun rumah punya sendiri dengan membeli rumah jadi atau membangun di atas tanah sendiri.

    Bertepatan dengan peningkatan jumlah penduduk yang padat di berbagai kota di hampir semua wilayah Indonesia, kesiapan lahan untuk hunian makin terbatas.

    Mending beli tanah atau rumah menjadi pertimbangan yang sulit ditentukan, karena harga keduanya kian tinggi setiap tahun. Akan tetapi, ada juga asumsi yang menuturkan bahwa membangun rumah di atas tanah sendiri lebih ekonomis ketimbang dengan membeli rumah jadi seperti rumah kavling.

    Baik membeli perumahan atau membeli tanah keduanya tidak pernah sepi peminat, karena tanah ataupun rumah merupakan salah satu investasi jangka panjang.

    Inilah perbandingan mana lebih untung beli tanah atau rumah.

    1. Legalitas

    Hal paling utama orang saat membeli rumah atau tanah adalah legalitasnya. kalau kalian membeli rumah jadi, maka hal tersebut tidak mesti dipikirkan karena semua dokumen telah tersedia.

    Akan tetapi jika kamu membeli tanah maka legalitas menjadi persoalan pertama yang pasti dihadapi. Dokumen-dokumen meliputi Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ) dan Surat Izin Penunjukkan dan Penggunaan Tanah ( SIPPT ).

    Mengurus hal tersebut membutuhkan biaya tidak sedikit dan waktu yang cukup lama. tetapi jika kamu memiliki waktu dan tenaga untuk mengurusinya, harusnya tidak persoalan.

    1. Harga

    Pada umumnya, membeli tanah kavling di perumahan akan lebih murah ketimbang membeli tanah, jikalau kedua pembelian dilakukan di daerah yang sama.

    Soalnya, pembeli tanah tak harus membayar biaya tambahan untuk bangunan. Namun, kamu perlu mengkalkulasi biaya pembangunan rumah yang dilakukan nantinya. karena, membangun rumah sendiri belum tentu lebih murah.

    jika rumah jadi memang harganya lebih mahal. akan tetapi banyak pilihan yang Anda bisa dapatkan untuk rumah jadi, seumpama kredit atau KPR, yang meringankan beban keuangan yang ada.

    1. Desain Rumah

    Selanjutnya ialah desain rumah. kalau kamu membeli tanah, maka mimpi untuk memiliki desain impian rumah kamu bisa tercapai. bukan cuma itu, kamu bisa memutuskan kualitas bahan bangunan sendiri, ketimbang rumah jadi.

    Kalau membeli rumah jadi, maka kamu terpaksa harus membeli rumah sesuai bentuk yang tersedia. Jika berada di wilayah perumahan, mayoritas desain rumah hampir sama dengan rumah-rumah lain di komplek tersebut sehingga tidak punya keunikan tersendiri.

    1. Kesiapan serta Waktu

    Jelas, saat kalian membeli rumah yang sudah jadi, rumah tersebut sudah siap pakai, sehingga tidak akan direpotkan dengan biaya dan waktu untuk konstruksi.

    Bukan hanya itu, kalian juga mengirit waktu karena tidak perlu mencari lokasi tanah yang cocok untuk bangunan rumah serta merencanakan konstruksi.

    Sedangkan, jika membeli tanah, berarti kalian mesti membangun rumah dari awal. Kalian harus menyediakan cukup banyak waktu untuk menentukan lokasi serta mengurus proses perizinan.

    Jadi, mana lebih untung beli tanah atau rumah ?

    Mending beli tanah atau rumah merupakan pilihan yang harus sesuai dengan tujuan, kebutuhan, dan budget yang kamu miliki.

    Kesimpulan dari keunggulan dan kelemahan antara beli tanah atau rumah.

    Keunggulan beli tanah :

    • Jika dibandingkan di lokasi yang sama, harga tanah lebih murah daripada membeli rumah.
    • Bisa memutuskan penggunaan tanah sesuai kemauan sendiri. Seperti untuk disewakan, dibangun jadi rumah toko ( ruko ), atau dibangun jadi rumah yang dihuni sendiri atau malah bisa untuk di sewakan.
    • Bisa menetapkan desain rumah sendiri, dengan memilih material bangunan juga pekerja bangunan sendiri.
    • Rumah bisa dibangun berdasarkan kesiapan budget yang dimiliki.

    Kelemahan beli tanah :

    • Harus menangani dokumen sendiri secara rinci dan kompleks.
    • Harus menyediakan waktu lebih untuk mengawasi proses pembangunan rumah.
    • Karena masih dalam proses pembangunan, maka tanah yang dibeli tidak bisa segera ditinggali.

    Keunggulan beli rumah :

    • Praktis, dapat langsung ditempati.
    • Dokumen telah beres dan lengkap

    Kelemahan beli rumah :

    • Harga lebih mahal ketimbang beli tanah di lokasi yang sama
    • Tidak bisa merancang tata ruang sendiri

    Itulah beberapa point yang perlu kalian pertimbangkan mending beli tanah atau rumah sehingga kamu bisa menentukan mana lebih untung.

    LihatTutupKomentar